Cara Mencari NISN Menggunakan Nama Siswa

NISN adalah singkatan dari nomor induk siswa nasional semua sekolah yang dimulai dari tk, sd, smp  dan sma yang merupakan sebuah layanan pe...

NISN adalah singkatan dari nomor induk siswa nasional semua sekolah yang dimulai dari tk, sd, smp  dan sma yang merupakan sebuah layanan pengelolaan nomor induk dari pemerintahan.

halaman situs kemdikbud dan dapodik

Kemdikbud (kementerian pendidikan dan kebudayaaan) serta Dadopdik (data pokok pendidikan) berperan penuh dan penting dalam hal ini.

Jadi anda yang bersekolah dimanapun sistem akan membuat nomor induk unik pada pelajar yang ada di indonesia, sebuah kode bahwa anda bagian dari pelajar dari sekolah yang ada di indonesia.

Nah untuk mencari NISN pelajar ada 2 metode caranya, yaitu melacak pencarian dengan menggunakan nama siswa salah satunya.

Nah bagi kamu yang ingin cek atau mencari NISN maka lakukan langkah berikut :

1. Kunjungi situs disini : Data Kemdikbud.

2. Masukan nama siswa yang ingin dilacak.


3. Isi tempat anda lahir.

4. Lengkapi dengan tanggal, bulan dan tahun anda lahir.

5. Pilih Cari.

Selanjutnya dapodik (Data pokok pendidikan indonesia) akan melampirkan data diri siswa lengkap dengan nomor induk. dengan begitu kamu usahakan catat dan gunakan untuk keperluan.


Jika tidak muncul berati sekolah belum mendaftarkan muridnya, maka kamu harus pahami mekanisme penerbitan NISN.

Mekanisme untuk penerbitan silahkan baca selengkapnya disini : Cara Agar NISN aktif.

Kamu bisa langsung download lalu print serta isi dokumen tersebut dengan data diri lalu serahkan kepada admin NPSN sesuai daerah sekolah dimana murid belajar.

Atau kamu dapat langsung menyerahkan ke guru sekolah kamu, agar bisa dikirimkan langsung melalui via email di : pdsp@kemdiknas.co.id

Artikel Terkait

0 comments