3 Cara Cek Saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan - MeAplikasi

3 Cara Cek Saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan

Ketika anda ingin melihat saldo jamsostek baik yang aktif maupun yang sudah tidak aktif pasti berfikir untuk mengecek dengan datang ke kant...

Ketika anda ingin melihat saldo jamsostek baik yang aktif maupun yang sudah tidak aktif pasti berfikir untuk mengecek dengan datang ke kantor jamsosteknya bukan ?


Namun cara tersebut akan meribetkan anda yang dimana akan menghabsikan waktu dan tenaga serta biaya, Nah pada masalah ini tentu kamu akan befikir adakah cara supaya cek saldo jamsostek dengan mudah.

Jawabanya ada dengan menggunakan ponsel smartphone anda.

Dengan begitu anda dapat melihat saldo pada bpjs ketenagakerjaan kapanpun tanpa perlu mendatangi kantor.

Lalu apa bedanya jamsostek dengan bpjs ketenagakerjaan ?

Tidak ada yang beda, hanya nama nya saja yang berubah, fungsinya tetap sama, yang sudah diatur dalam UU 24 Tahun 2011 mengenai BPJS.

Penamaan yang berbeda seperti ASKES menjadi BPJS Kesehatan, dan Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Apakah iuran saldo saat membayar jamsostek hilang begitu saja ?

Tidak, semua saldo kamu tetap dengan nilai yang sama saat kamu menjadi peserta jamsostek, dan anda akan otomatis beralih ke BPJS ketenagakerjaan dengan isi saldo yang utuh.

Lalu bagaimana cara mengecek saldo jamsostek ?

Ada 3 cara, kamu bisa memilih salah satu mana cara yang paling mudah menurut anda, tentunya secara online dengan menggunakan hp anda.

1. Via SMS Cek Saldo. 

Tahapan pertama yang kamu lakukan adalah mengirim pesan untuk mendapatkan nomor id dengan format "REG # Nomor KPJ # Tanggal Lahir # Nama Ibu. Lalu kirim ke nomor 08111009696.


Setelah itu kamu akan mendapat balasan berupa Nomor ID, lalu anda balas pesan tersebut dengan format "Saldo # Nomor ID". dengan begitu kamu akan mendapat balasan informasi mengenai semua saldo bpjs ketenagakerjaan anda.

Bagi pengguna operator Simpati, XL dan Indosat untuk cek saldo jamsostek dengan menggunakan layanan sms maka lakukan langkah berikut :

  1. Ketik Daftar lalu kirim ke 2757.
  2. Ketika SMS anda dibalas, maka balas pula dengan ketik "Saldo (spasi) Nomor KPJ".
  3. Maka kamu akan menerima informasi mengenai saldo jamsostek dan tanggal terakhir iuran.
2. Via Situs Resmi Online BPJS Ketenagakerjaan.

Yang perlu anda lakukan adalah mengunjungi situsnya disini : "Bpjs Ketenagakerjaan"

Lanjut dengan memilih menu login atau registrasi bagi yang belum mendaftar, isi formulir sesuai data diri anda.
halaman jamsostek bpjstku resmi agar bisa cek saldo

Jika sudah maka cobalah untuk login dengan User ID dan PIN yang sudah kamu daftarkan sebelumnya, setelah masuk maka pilih menu Lihat Saldo JHT > KPJ BPJS Ketenagakerjaan > Submit.

Setalh itu kamu dapat melihat sisa saldo secara lengkap dan detail dan anda bisa melakukan e-claim BPJS secara online.

3. Menggunakan Aplikasi Cek Saldo Jamsostek.

Silahkan install aplikasinya yang tersedia di google play dan pasang di perangkat anda, setelah itu login dan pilih menu Cek Saldo JHT. lalu aplikasi tersebut akan menampilkan data saldo anda secara lengkap.
aplikasi bpjstku bisa mengecek saldo jamsostek

Tidak hanya cek saldo kamu juga dapat menikmati fitur lainnya didalam aplikasi tersebut seperti : Simulasi JHT, Informasi Program, Alamat Kantor Wilayah hingga berita terbaru.

Jadi silahkan pilih 3 cara yang dibahas diatas, tentu cara online ini ada kelebihan dan kekurangan namun hal ini tidak membuat anda ribet dan dapat mencek kapanpun dan dimanapun tanpa harus mendatangi kantor bpjs.

Artikel Terkait

0 komentar