4 Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Pare lebih dikenal sebagai sayuran walaupun pahit namun masih banyak orang menggunakan pare sebagai sayuran untuk di makan. Karena say...

Pare lebih dikenal sebagai sayuran walaupun pahit namun masih banyak orang menggunakan pare sebagai sayuran untuk di makan.

hasil tumis pare tapi manis dan tidak pahit

Karena sayuran ini bermanfaat untuk berbagai hal seperti memperbanyak ASI ibu, mengobati anak dari cacingan, membantu untuk program diet, mengencangkan wajah, mengantisipasi serangan gula darah, menurunkan kolesterol dan sebagainya.

Kandungan gizi pada pare ini juga mampu antisipasi serangan demam berdarah atau penyakit kuning, karena mampu menaikan nilai trombosit pada tubuh.

Nah pada konteks ini walaupun pahit ternyata bermanfaat bagi tubuh manusia, namun rasa tersebut menyebabkan seseorang malas untuk memakanya.

Tapi ibu jangan khawatir karena pare tetap bisa di olah atau dimasak dengan menghilangkan citra rasa yang tidak enak tersebut.

Berikut 6 Hal yang harus anda lakukan agar memasak pare tidak pahit :

1. Remas Pare dengan Mencampur Gula.

Langkahnya yaitu anda hanya perlu membelah sayur pare menjadi 2 bagian, lalu iris-iris halus lebih baik lalu tebar gula hingga pare menjadi layu.

sayuran pare dijadikan lauk untuk makan nasi agar menghindari kolestero

Lalu diamkan 15 hingga 20 menit, selanjutnya cuci dengan air agar gula nya tidak menempel lagi, dengan begitu anda sudah bisa memasak tumis pare tapi tidak pahit.

2. Remas Pare dengan Garam.

Yang anda lakukanya adalah untuk mengiris sayuran tersebut lalu padukan dengan garam, dengan begitu rasa pahit pada pare akan keluar.

Setelah itu cuci dan siap untuk dimasak, usahakan anda memasak dengan sedikit asin seperti tumisan, sayur sop dengan pare dan lain-lain.

3. Gunakan Olahan dengan Melebihkan Bumbu Dapur.

Memvariasikan sayur pare dengan melebihkan olahan bumbu dapur akan membatu pare menjadi tidak terlalu pahit, seperti bawang bombay, bawang merah, bawang putih.
pare dengan campuran cumi dan asin
Mencampur pare dengan cumi, udang dan ikan laut laiinya dengan menambahkan bahan bawang yang dilebihkan akan mengatisipasi rasa pare tersebut menjadi hambar dan bahkan bisa manis.

4. Merebus Pare dengan Gula dan Garam.

Cara ini juga efektif untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran tersebut, langkahnya cukup mudah masak air hingga mendidih.

pare campur cumi asin

Lalu masukan pare, garam dan gula, sedikit saja gula juga tidak apa-apa, lalu biarkan beberapa menit lalu angkat, coba bunda gigit kalau masih pahit rebus lagi namun jika tidak baru dimasak.

Catatan : Saat membeli pare di pasar atau di petik dari kebun, usahakan ambil yang ukuran menengah, biasanya pare dengan ukuran menengah tidak terlalu pahit.
sate padang vs sate madura

Tambahan : Walau anda telah menghilangkan rasa pahit pada pare kandungan gizi nya tetap sama dan pastinya tetap bermanfaat untuk tubuh.

Artikel Terkait

0 comments