Rakit PC Atau Beli Laptop Mana Yang Lebih Murah?

Mungkin kamu sebagai pembaca disini pasti ingin mengetahui mana yang lebih terbaik jika kamu dihadapkan 2 pilihan antara beli laptop atau m...

Mungkin kamu sebagai pembaca disini pasti ingin mengetahui mana yang lebih terbaik jika kamu dihadapkan 2 pilihan antara beli laptop atau merakit pc.

ilustrasi cpu vs laptop

Dalam konteks ini ada sebagian orang menggangap rakit pc adalah yang terbaik karena lebih murah dan kita bebas memilih spesifikasi, sementara ada juga yang beranggapan beli laptop adalah yang terbaik karena lebih efisien dan mudah.

Lalu mana yang paling benar ?

Untuk menentukannya kami mencoba membandingkan 2 deskop dengan spesifikasi yang hampir sama dan berikut hasilnya.

Rakit PC :

Ryzen 5 3600 + RTX 2060 + Motherboard + SSD dan HDD + Case + RAM Dan lain-lain Totalnya mencapai 15 juta lebih.



Itupun belum termasuk monitor, keyboard, mouse speaker, wifi lan,  tambahan dan lain-lain.

Laptop Gaming :

Contoh saja kamu ambil laptop gaming Asus TUF FX505DV dengan spesifikasi Ryzen 7 + RTX 2060 kamu bisa mendapatkan harga sekitar 16 Jutaan.

laptop gaming rtx 2060 asus murah

Dari 2 perbandingan diatas tentu harga dengan spesifikasi yang sama kurang lebih antara rakit pc atau beli laptop gaming maka harganya bisa dikatakan sama, tidak ada yang lebih murah atau mahal.

Lalu apa yang menjadi prioritas pembanding utama antara rakit pc atau beli laptop gaming ?


1. Jika kamu terlalu awam untuk merakit pc, maka kamu boleh berfikir sejenak untuk membeli laptop saja.

2. Jika kegunaanya untuk diluar rumah maka pilihan terbaik adalah membeli laptop.

3. Jika PC Rakitan, untuk upgrade komponen lebih mudah, karena kita hanya perlu membeli 1 jenis saja, contoh misalnya kamu mau upgrade rtx 2060 menjadi 2080 maka kamu hanya perlu membeli geforce saja.

4. Berbeda dengan laptop, jika kamu ingin upgrade spesifikasi yang lebih tinggi maka mau tidak mau kamu jual laptop, karena komponen tidak dapat diubah-ubah.

Kesimpulan : Sederhananya kamu ingin menggunakan deskop tersebut untuk apa ? jika digunakan untuk kuliah atau pekerjaan dilapangan maka laptop pilihan untuk kamu.

Begitupun sebaliknya jika sebuah komputer untuk dirumah untuk main game atau sebagainya, pc adalah piliha terbaik buat kamu.

Karena jika 2 pilihan tersebut jika kamu lihat dari harga semua sama saja tidak ada yang jauh berbeda, so dari penjelasan diatas saya rasa kamu pasti sudah bisa membuat pilihan.

Artikel Terkait

0 comments